Pelatihan #1
Sesi 1

Manajemen Siklus Proyek

Kegiatan pelatihan tatalaksana organsiasi impact+ dengan tajuk “Pengelolaan Program dan Layanan Organisasi” dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Agustus 2021, berlangsung selama satu hari penuh dan dibagi dalam dua segmen yakni pada pagi hari dari pukul 09.00-12.00 WIB dan siang hari dari pukul 13.30-16.00.

Sesi pertama dengan topik “Manajemen Siklus Proyek” dipaparkan oleh Suhendro Sugiharto (Lead Consultant impact+ Yayasan Penabulu). Suhendro mengawali paparannya dengan mengajak para peserta untuk memahami perbedaan antara program dan proyek, yang mana selama ini kadang dianggap sama. Program dalam cakupan luas mengakomodir keseluruhan proses dan tujuan organisasi sementara proyek sesungguhnya mendukung pencapaian program. Manajemen siklus proyek juga turut menjelaskan aktivitas dan prosedur pengambilan keputusan yang digunakan selama jangka waktu proyek, yang mana diantaranya bertalian tentang tugas, peran, tanggungjawab, dokumen kunci dan pilihan keputusan yang diambil.

Terhadap proyek, aktivitas manajemen siklus proyek tentu saja mendukung setiap tujuan proyek bahkan strategi-strategi yang lebih besar, mengidentifikasi para penerima manfaat yang relevan, memiliki tujuan-tujuan yang layak dan mampu dicapai dan memiliki manfaat yang berkesinambungan. Dikarenakan oleh hal-hal tersebut, maka sangat dibutuhkan partisipasi aktif dari pemangku kebijakan kunci, penjajakan yang berkualitas dan bertahap, pendokumentasian yang berkualitas dari pengambilan keputusan, dan penggunaan logical frame work (kerangka pikir logis). Siklus proyek itu sendiri mencakup Identifikasi dan formulasi yang disertai dengan keputusan anggaran, implementasi, evaluasi dan programming. Aktivitas ini pun dilakukan sebagai tahapan dalam membangun analisa kerangka pikir logis.

Sebelum menutup sesi pertama, Suhendro mengajak para peserta melakukan analisa pemangku kepentingan yakni pemerintah dan fasyankes, OMS, pihak swasta dan media, serta komunitas. Analisa ini mencakup tugas dan tanggungjawab, kekhawatiran , harapan dan dukungan terhadap proyek. Exercise ini dilakukan secara berkelompok sesuai dengan klaster area setiap OMS peserta yang hadir dalam pelatihan.

Sesi pagi hari kemudian dilanjutkan pada topik kedua “Mind-mapping Alur Pelaksanaan Program” oleh Erlian R. Aditya (Deputy Director-Technical, LINKAGES & EPiC Indonesia, FHI360). Lanjut baca disini.

Unduh Materi

Sebarkan